Dalam berjualan online terkadang tidak semudah yang di pikirkan apa lagi produk anda tawarkan besar dan berat, pembeli pun akan berfikir dua kali untuk membeli produk yang di tawarkan karena faktor biaya yang besar. Belum lagi masalah selisih berat oleh pihak logistik dari masalah volumemetrik ( kubikasi ), timbangan, termasuk postingan yang salah input ini akan menyebabkan kerugian potong otomatis ongkos kirim dari marketplace karena selisih berat kilo yang tidak sama antara marketplace dan logistik.

Cara mengukur timbangan dan perhitungan volumemetrik (kubikasi)

Selisih berat kilo marketplace

Pengguna jasa kiriman sering menyampaikan keluhan karena ongkos kirim yang mesti dibayar ternyata lebih besar saat datang ke agen pengiriman. Kenapa bisa demikian?

Jika anda mengirim barang yang berukuran besar, meskipun beratnya terasa ringan, biasanya ekspedisi pengiriman seperti JNE, J&T, TIKI, POS, Sicepat dll akan memberlakukan penghitungan paket berdasarkan volume. Selanjutnya ongkos kirim akan ditentukan apakah penghitungan berat paketnya berdasarkan berat sebenarnya atau berat volumetrik (Kubikasi) atau yang mana yang lebih berat.

CONTOH KASUS: Misalnya, Anda mau mengirim sebuah PC dengan harga Rp. 4.470.000,- untuk diantarkan ke daerah Depok dengan mengunakan JNE atau TIKI Reguler (1-2 hari).

HITUNGAN:

Berat asli Helm (rata rata): 1,5kg sampai 3kg

JNE / TIKI akan selalu melihat besarnya ongkir dari sisi BERAT atau sisi VOLUME, yang mana yang lebih besar maka itu yang akan diperhitungkan. Contoh mudahnya PC, dimana PC itu tidak berat namun barangnya besar (uk: 80 x 15 x 50 cm) sehingga JNE / TIKI akan mengambil perhitungan VOLUME yang kemudian akan dikonversi ke dalam satuan BERAT

= (80 x 15 x 50) / 6000

= 10 KG

Dari hitungan diatas, berarti JNE / TIKI akan menghitung ongkir helm sebesar 10 KG dimana per KG nya kena Rp. 9.000 (Depok) jadi = 9.000 x 10 KG menjadi Rp. 90.000,- untuk mengirim 1 buah PC ke Depok yang akan sampai dalam 1-2 hari.

Tips meningkatkan penjualan produk besar dan berat

Siapa saja boleh menggunakan layanan kargo ini, namun ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Beberapa di antaranya:

Berat minimum paket barang yang dikirim adalah 10 Kg (jika berat paket di bawahnya, maka akan dibulatkan ke 10 Kg),

Bisa kirim barang berupa motor, furniture, dan barang berat lainnya, Pengiriman bersifat nasional hingga ke seluruh kota di Indonesia, Tidak ada garansi uang kembali saat terjadi keterlambatan pengiriman, Paket barang yang akan dikirim wajib diantar ke gerai JNE terdekat, Estimasi waktu sampai pengiriman JTR mulai dari 3-8 hari kerja.

SiCepat cargo (Gokil, Helo)

Helo

Heboh 3 Kilo – Kirim barang 3,3kg Bayar 2kg Layanan dengan ongkos kirim barang yang lebih irit dan terjangkau. Cukup bayar 2kg untuk kiriman barang 3,3kg dan hanya berlaku di Social Commerce drop paket di gerai atau PUDO.

1-3 Hari

Seluruh Pulau Jawa & Bali

Simulasi perhitungan berat kiriman:

Kiriman 0,1 – 1,30 kg bayar 1 kg dengan tarif SIUNTUNG

Kiriman 1,31- 2,30 kg bayar 1 kg dengan tarif SIUNTUNG

Kiriman 2,31- 3,30 kg bayar 2 kg dengan tarif SIUNTUNG

Kiriman 3,31-4,30 kg bayar 3 kg dengan tarif SIUNTUNG

Gokil (Cargo Kilat)

Cargo kilat layanan pengiriman barang dalam jumlah banyak/ukuran yang lebih besar adalah layanan SiCepat Ekspres dengan pengiriman Barang minimum charge 10kg dengan harga yang lebih ekonomis dengan estimilasi pengiriman 1-3 Hari Seluruh Kota Besar di Indonesia harga mulai dari Rp 25.000.

Jaga selisih berat Kg (kilo) di marketplace dan logistik

Pembahasan ini yang harus di perhatikan dalam berjualan di marketplace adalah selisih berat Kg (Kilo) terkadang penjual online kurangnya pemantau terhadap ini padahal ini salah satu yang mengakibatkan kerugian kepada penjual online karena adanya pemotongan langsung dari ongkos kirim dari pihak logistiknya di marketplace. Dalam masalah selisih berat ada banyak faktor beberapa masalah yang sering terjadi seperti salah posting berat produk, kurangnya pengetahuan berat volume berat metrik, Terkadang juga ada masalah dari pihak pengiriman.

Dari penyebab-penyebab yang di sebutkan sulit untuk di pantau satu persatu. Dengan aplikasi omnichannel unsircle penjual online akan terbantu melacak paket yang ada selisih berat Kg atau minimalisir ke lewat pengiriman yang silisih berat Kg. Dengan fitur pantau selisih berat penjual online online dapat menekan pengeluaran tidak terduga oleh selisih ongkos kirim.

Klik disini

0 0 vote
Article Rating