Dunia jualan online sudah sangat berbeda dibandingkan 1 dekade lalu. Di zaman sekarang ini, marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan banyak marketplace lainnya sudah mulai menjadi platform yang standar untuk rakyat Indonesia dimana sekitar 11.9% populasi Indonesia sudah menjadi pembeli online di tahun 2018 dan peningkatan market sebanyak 5.9% dibandingkan tahun 2017.

Sebaiknya sudah waktunya para penjual semakin serius untuk lebih fokus ke jualan online sebelum jumlah pemain jualan online semakin meningkat dan kamu kalah bersaing.

Jadi pertanyaan selanjutnya adalah persiapan seperti apa yang para penjual sukses lakukan agar bisa mendapatkan peningkatan jumlah pesanan per bulannya? Disini saya mencoba untuk membaginya menjadi 3 poin besar.

Data

Kata “data” ini bukanlah menjadi kata yang ekslusif untuk bisnis besar lagi sekarang. Penataan data adalah sebuah hal yang sangat krusial untuk bisa meningkatkan revenue jualan online yang kamu miliki.

Beberapa penataan yang penting adalah:

SKU

SKU (Stock Keeping Unit) adalah kode unik yang dicantumkan ke setiap produk yang dijual.

Sistem penamaan SKU ini secara umumnya dilakukan dengan melihat karakteristik masing-masing produk (bisa dari ukuran, warna, spesifikasi produk, etc)

Apakah manfaat dari SKU ini?

  • Pengaturan stok jadi jauh lebih mudah

Dengan adanya kode universal yang diketahui oleh semua staff kamu, komunikasi antar staff untuk pengaturan stok akan menjadi jauh lebih mudah. Resiko kesalahan barang dan stok akan bisa berkurang atau bahkan menghilang

  • Mengetahui selaku apa barang yang dijual

Dengan adanya nomor SKU, kamu sebagai penjual bisa mengetahui produk yang paling laku secara instan berdasarkan data transaksi yang sudah di record

  • Ekspansi yang jauh lebih gampang

Pastinya kamu sebagai pebisnis ingin agar hal yang kamu kerjakan selama ini bisa menjadi lebih besar lagi. Mulai dari penambahan produk, toko, ekspansi ke tempat baru, menggunakan teknologi baru agar lebih efisien, dan lain-lain. Hal tersebut bisa menjadi jauh lebih mudah apabila kamu sudah menyiapkan SKU sejak awal.

Sedikit tips untuk pembuatan SKU

 Sebaiknya basis dari SKU adalah terbagi dari 3 hal:

  • Jenis produk, model atau merk produk
  • Nomor model, untuk bisa membedakan model dan jenis produk
  • Letak barang di gudang, bisa memudahkan pencarian barang nantinya

Contohnya: baju kaos merah model nomor 369 size XL yang terletak di gudang A rak 8. Nomor SKU bisa menjadi KMRH369A8XL. Tentu saja ini bukanlah satu-satunya cara untuk bisa membentuk SKU. Kamu sebagai penjual bisa membuatnya sesuai dengan konteks dan situasi yang terjadi di tokomu.

Database Pelanggan

Database pelanggan adalah salah satu aspek lainnya yang bisa menjadi jawaban penjual apabila kamu kebingungan untuk distribusi produk. Dengan adanya database pelanggan ini, penjual juga bisa menentukan peringkat pelanggannya menurut dari frekuensi pembelian, jumlah valuasi, dan pembelian terakhir.

Database pelanggan ini bisa diisi dengan data-data seperti  nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi, dan hal lain seperti data demografis.

Manfaat dari database pelanggan

  • Database pelanggan untuk petunjuk arah penjualan

Aktivitas pembelian costumer milikmu bisa dijadikan sebagai faktor besar untuk petunjuk arah penjualan agar produk bisa memasuki pasar yang sesuai. Dengan adanya database costumer yang tepat, aktivitas penjualan akan bisa berjalan dengan jauh lebih efisien dan tepat sasaran sesuai dengan target bisnis kamu

  • Membentuk gambaran potensial pasar

Dengan adanya database yang akurat di dalam ekosistem jualan online-mu, kamu bisa membentuk bisnis yang sesuai denan potensi pasar berdasarkan area atau umur. Dengan ini, kamu bisa melakukan analisa produk yang sesuai dengan pembeli yang tepat. Jika potensi penjualan yang dituju masih belum tinggi, kamu bisa melakukan strategi promosi yang sesuai untuk bisa meningkatkan penjualan

  • Analisa Penjualan

Database yang kuat dan akurat bisa membantu kamu untuk melakukan penawaran baru ke pembeli baru dan pelanggan yang sudah sering belanja di toko-mu. Selain itu kamu juga bisa menganalisa apabila ada penurunan atau peningkatan penjualan. Dengan ini, kamu bisa menentukan strategi yang diperlukan untuk situasi yang terjadi di bisnis mu.

  • Report/Pembukuan

Salah satu data yang sangat penting untuk semua jenis bisnis adalah report atau pembukuan yang jelas. Banyak orang yang mengira hanya bisnis besar yang membutuhkan report, namun menurut saya, report adalah hal yang dibutuhkan untuk semua bisnis, besar maupun kecil untuk bisa mengetahui kegagalan atau masalah keuangan, kesalahan penghitungan jumlah pajak, dan banyak hal lainnya.

Dengan adanya sistem pembukuan dari awal, maka bisnis kecil akan bisa berkembang lebih cepat dengan meiliki informasi kekuatan finansial mereka.Berikut adalah beberapa alasan kenapa report adalah hal yang penting untuk kesuksesan bisnismu

  • Membantu strategi bisnis

Report yang memiliki perincian tinggi akan menjadi senjata analisis utama untuk kinerja bisnismu. Hasil dari analisa ini dapat digunakan untuk membantu membuat keputusan dan perkembangan strategi bisnis selanjutnya.

Pembukuan yang lengkap mampu untuk menghasilkan analisa yang tepat untuk mempengaruhi keputusan yang akan diambil, karena keputusan yang benar harus berdasarkan informasi yang lengkap, dan proses pembukuan yang menyediakan gambaran yang jelas untuk bisnis-mu.

  • Mengontrol situasi keuangan bisnis

Sebuah hal yang paling utama dari semua bisnis adalah mengetahui apakah bisnis memiliki keuntungan dan perputaran dana yang sehat.

Dengan adanya report, bisnis bisa langsung mengkalkulasikan keuntungan berdasarkan data yang ada. Kamu sebagai pemilik bisnis juga dapat mengetahui jumlah modal yang terpakai, sisa modal, dan utang.

  • Memberikan gambaran bagi kreditor dan investor

Kebanyakan bisnis biasanya masih memerlukan suntikan dana tambahan untuk bisa membawa bisnis ke titik selanjutnya. Tentu saja kreditor dan investor harus mendapatkan laporan keuangan yang jelas, terperinci dan rapi agar mereka bisa menjustifikasikan dana ke bisnismu.

Dengan adanya pembukuan yang rutin, maka laporan keuangan akan lebih mudah didapatkan dan kamu bisa mendapatkan investasi yang kamu butuhkan.

SEMO (Search Engine Marketplace Optimization)

contoh SEMO

SEMO adalah faktor terakhir dalam sisi data dan juga merupakan salah satu yang kedengaran cukup teknikal. Tapi jangan takut karena pada dasarnya, SEMO adalah sebuah teknik simple yang dilakukan agar produkmu bisa bertengger di list teratas di marketplace yang kamu jual.

SEMO ini adalah algoritma marketplace yang mencatat semua keyword yang dituliskan di kolom pencarian milik mereka. Maka dari itu, penulisan keyword yang tepat menjadi hal yang krusial untuk bisa membuat produkmu terletak di tampilan teratas.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan SEMO produkmu

  • Nama produk dan toko

Ini sudah cukup jelas dan saya rasa kebanyakan penjual sudah sadar dengan seberapa pentingnya memiliki nama produk dan toko yang sesuai.

Nama toko sebaiknya menggunakan keyword yang sesuai dengan kategori tertentu untuk meningkatkan penjarian tergantung dari spesialisasi toko anda.

Untuk nama produk, kamu bisa menggunakan nama produk berdasarkan variasi kata yang ada di jumlah pencarian.

  • Deskripsi produk

Untuk deskripsi produk, hal yang sebaiknya sudah mulai dipikirkan adalah story atau cerita. Secara psikologi, manusia itu sangat suka dengan cerita yang menarik dan bisa menggugah imajinasi mereka.

Dengan adanya deskripsi yang menarik dan penuh dengan narasi yang kuat, calon pembeli akan memiliki impresi yang lebih positif terhadap produkmu.

Diluar itu, deskripsi produk juga memerlukan penjelasan sesuai dengan target market (mengetahui untuk siapa produk ini dijual).

Apa saja fitur yang penting?

  • Fitur
  • Benefit
  • Garansi
  • Keunikan
  • Diskon
  • Hal lain seperti kata kunci, nama produk, emoticon, variasi tanda baca, dan lain-lain

SEMO itu bukan hanya terbatas di nama dan deskripsi produk, kamu juga harus berfokus di hal lainnya yang akan saya jelaskan di poin selanjutnya.

Salah satu contoh menarik yang pernah kejadian di teman saya adalah detergent. Banyak calon pembeli yang tidak tahu bagaimana cara menulis detergent. Jadi ada beberapa yang menulis deterjen, detergen, dan ada juga yang menulis detergent.

Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah dengan menulis sabun cuci sebagai kata kunci untuk produk-mu

Contoh lain adalah “Mie Sedaap!”. Mayoritas orang tidak akan menulis mie sedaap apabila mencari mie instant ini. Kebanyakan akan mencari mie sedap dan sebaiknya para seller harus mengikuti pencarian yang paling banyak.

Visual

Berbanding terbalik dari poin sebelumnya yang penuh dengan statistik dan angka, visual merupakan sisi kreatif yang juga diperlukan untuk menyukseskan jualan onlinemu. Mirip dengan toko tradisional yang memerlukan tata produk yang menarik agar lebih nyaman dilihat oleh pembeli (seperti Uniqlo).

Hal ini semua disebut dengan branding. Secara fundamental, branding adalah cara komunikasi toko kamu ke pembeli mulai dari bagaimana cara kamu menyampaikan informasi tentang produk sampai ke design toko dan foto.

Kenapa branding penting? Di zaman sekarang, tren pembeli sudah berjalan menuju ke titik ini. Para pembeli sekarang sudah mulai memprioritaskan pengalaman positif mereka dalam membeli satu produk.

Menurut saya pribadi, arah ke branding ini jauh lebih bagus dan menarik daripada perang harga yang sudah mulai dilakukan beberapa toko untuk jualan online. Perang harga itu hanya bisa sampai di titik tertentu saja sampai gelembungnya pecah seperti yang sudah terjadi dengan pesawat udara sebelumnya.

Pembeli sekarang sudah mulai memprioritaskan pengalaman positif mereka dalam membeli satu produk.

Berikut adalah tiga aspek visual utama yang harus sudah kamu siapkan untuk bisa menyukseskan perjalanan bisnis online-mu

Logo Toko

Jangan menilai buku dari kovernya adalah pepatah yang bagus namun sayangnya hal itu tidak bisa diaplikasikan di aspek ini. Untuk jualan online dan banyak brand lainnya, logo yang menarik adalah faktor yang bisa membuat calon pelanggan bisa lengket dengan tokomu.

Kesan pertama adalah hal yang sangat penting dan brand adalah penentu kesan pertama yang sangat kuat. Logo bisa membantu itu semua dengan memberikan impresi pertama yang kuat.

Perlu diingat, logo bukanlah cuma sekedar grafik yang bagus tapi harus mewakili tiga hal: harga dan kualitas, tujuan, dan konsumen ideal. Jadi pastikan logo tokomu bisa memenuhi tiga kriteria tersebut.

Design Toko

Jualan Online design toko

Bayangkan saja. Ada ribuan toko online yang bisa menjadi potensial saingan bisnismu dan ditambah dengan banyaknya seller baru yang lebih lapar akan ladang emas baru ini. Kalau kamu tidak mencoba untuk membuat toko-mu menjadi lebih unik dan berbeda dari toko lainnya, pastinya jualan online mu bakal tenggelam.

Setiap marketplace memiliki spesifikasi masing-masing untuk design toko di platform mereka. Apabila membutuhkan service untuk design toko jualan online-mu, langsung saja Hubungi kami untuk bisa tahu detailnya.

Detail untuk design masing-masing marketplace mungkin akan saya jelaskan di artikel nanti kedepannya jadi tunggu saja ya.

Foto Produk

Hal ini merupakan salah satu aspek yang masih banyak belum dianggap sebagai hal yang krusial bagi beberapa seller menurut dari pengalaman saya berbelanja online dan itu sangat aneh.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, branding itu mencakup hampir semua hal yang berhubungan dengan bisnis anda dan tentu saja foto produk adalah satu hal yang paling relevan untuk itu.

Ini adalah hal yang luar biasa penting sekali karena pembeli akan melihat-lihat produk melalui foto produk tersebut. Manusia adalah makhluk visual jadi yang pertama kali kita lihat adalah foto produk bukanlah harga ataupun deskripsi produk

Seperti yang saya jelaskan di poin sebelumnya, tanpa adanya visual yang menarik, maka pembeli masuk ke fase berikutnya yaitu fase persaingan harga. Di fase ini, kamu akan berhadapan dengan pemilik modal besar yang lebih berani untuk mendapatkan margin kecil karena mereka memiliki supply yang lebih besar.

Menurut statistik, 80% pembeli akan memutuskan untuk membeli satu produk setelah melihat foto yang menarik. Foto yang menarik juga bisa meningkatkan nilai moneter dari produk tersebut walaupun harga modalnya lebih murah.

Beberapa saran untuk menampilkan foto produk dengan efektif

  • Detail produk yang jelas
  • Foto dari berbagai angle yang relevan
  • Menggambarkan fungsi atau fitur produk
  • Gunakan latar yang bersih
  • Gunakan foto yang jelas

Saya sadar kalau ini membutuhkan waktu dan biaya yang cukup substansial semakin bertambahnya jumlah SKU milikmu tapi tingkat kepercayaan pembeli atas produkmu adalah hal yang bisa meningkatkan performa jualan online milik siapa saja. Jadi saran saya, mulailah dari produk paling populer terlebih dahulu.

Service

Hal ketiga yang saya rasa para penjual online sudah semakin sadar adalah service. Service yang baik bisa mempengaruhi rating dan review yang kamu dapatkan nantinya dan saya yakin semua pemilik toko jualan online tahu seberapa pentingnya dua hal ini. Tidak perlu konfirmasi yang jauh-jauh, menurut marketplace dengan traffic terbanyak di Indonesia, 90% pembeli online mengandalkan ulasan dari pembeli lain untuk membuat keputusan pembelian saat berbelanja.

Jadi, apa saja faktor yang berpengaruh untuk bisa meningkatkan kualitas service?

Chat

Jualan Online chat

Saya adalah jenis pembeli online yang selalu mencoba untuk meminta informasi yang lebih mendetail ke seller dengan mengutilisasi fitur chat. Biasanya saya melihat satu barang (contohnya granola favorit saya) dan bertanya ke beberapa seller tentang stok dan hal lainnya.

Seller paling pertama yang menjawab pertanyaan saya biasanya yang menjadi keputusan terakhir saya. Saya cukup yakin bahwa tingkat respon seller bisa menjadi x factor dalam keputusan pembeli lainnya.

Diluar dari itu, kamu juga bisa mengenal jenis pembeli dengan lebih dekat lagi. Apa masalah yang mereka miliki, apa yang mereka harapkan setelah membeli produkmu, bagaimana ekspektasi mereka, dan lain-lain.

Itu semua bisa masuk kedalam database costumer milikmu untuk bisa memperkuat posisi toko online mu dibandingkan dengan saingan lain.

Packing

Apabila logo toko dan foto produk adalah impresi pertama pembeli dari digital, maka packing adalah impresi pertama pembeli disaat mereka pertama kali melihat barangmu secara fisik.

Packing yang tidak ideal bisa mempengaruhi impresi pembeli dan bisa menurunkan ekspektasi mereka. Sedikit disayangkan apabila kualitas produk anda yang bagus bisa terganggu karena packing yang tidak ideal.

Di zaman sekarang ini, packing bukan hanya untuk melindungi produk tetapi juga sebagai bahan promosi dan membuat perbedaan dibandingkan dengan brand lain.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mulai memikirkan design packing yang tidak hanya praktikal tetapi juga menarik untuk dilihat.

Diluar dari design, kecepatan packing juga sangat diperlukan untuk memastikan bahwa barang bisa terkirim tepat waktu.

Bonus

Ini adalah salah satu hal yang masih jarang saya temui dari beberapa seller karena teknik ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan hanya bisa relevan dalam situasi yang cukup spesifik. Namun kamu boleh mencoba untuk eksperimen hal seperti ini.

Cobalah memberikan sedikit bonus kepada pembeli yang sudah setia berbelanja ditempatmu. Utilisasi database yang sudah kamu siapkan sebelumnya untuk bisa melihat pembeli mana saja yang sudah bisa masuk ke tahap ini.

Pembeli yang mendapatkan bonus ini pasti bisa mengapresiasi niat baikmu dan ini juga memiliki potensial untuk memperkuat brandingmu.

Kesimpulan

Jadi ini adalah 3 hal yang sudah saya rangkumkan untuk bisa meningkatkan revenue jualan online kamu. Memang cukup banyak namun apabila kamu mampu untuk menjalankannya dengan baik, toko online-mu bakal meraup lebih banyak pembeli baru. Perkuat data , perbagus visual untuk membuat pelanggan-mu semakin suka dengan produk-mu, tingkatkan service agar tingkat kepercayaan toko-mu tetap tinggi

Kami bisa mempermudah beberapa tips diatas terutama dari sisi data dan visual. Dengan Unsircle, kamu tidak perlu lagi repot untuk mengecek semua marketplace untuk proses order dan mengubah.

Saatnya permudah proses admin sehingga kamu bisa lebih berfokus di menjual. Hubungi kami untuk bisa mendapatkan penawaran menarik dan informasi yang lebih lanjut. Untuk tahu lebih detail soal data, kamu bisa mengecek kami. Apabila kamu merasa tulisan ini berguna untuk-mu, kamu bisa mendaftarkan email-mu ke mailing list kami. Kamu tidak perlu takut juga dengan spam karena kami juga tidak menyukai-nya. Kami hanya akan memberikan update setiap artikel baru kami dirilis.