Pengontrolan stok adalah hal yang terpenting yang harus dipikirkan oleh semua penjual online seperti kamu. Dari pengalaman saya berbicara kepada banyak penjual online selama ini, pengontrolan stok merupakan masalah paling besar yang harus mereka hadapi di profesi ini.

Namun faktor dari pengontrolan stok secara efisien ini terletak di SDM dan manajemen. Sistem dan aplikasi secara mayoritas bertujuan untuk mempermudah proses pengontrolan stok bukan untuk membuat stok di gudang 100% akurat dengan stok di marketplace. Dimana menurut saya sebaiknya jangan terlalu terobsesi dengan hal itu karena kemungkinan untuk stok yang 100% akurat bisa tercapai itu sangat sulit.

Walaupun begitu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa memperkuat manajemen stok-mu. Mindset yang sebaiknya kamu miliki adalah memiliki sistem manajemen dan informasi yang lebih kuat agar kamu bisa fokus ke hal yang paling kamu bisa, jualan.  Berikut adalah hal hal tersebut.

Siapkan Kode Produk (SKU) Dari Awal Jualan

Sebagai penjual online, pastinya kamu ingin agar bisnismu ini bisa sukses. Indikator sukses pada jualan online ini salah satunya adalah memiliki banyak toko di banyak platform yang berbeda. Tentu saja kan? Karena semakin banyak toko yang kamu miliki, maka semakin besar kemungkinan produkmu akan ditemui oleh banyak orang. Nah bayangkan kamu sudah sampai ditahap dimana kamu ingin menambah tokomu dengan produk yang sudah banyak dan tim admin, gudang, dan packer yang sudah ada, kamu kesulitan komunikasi dengan tim adminmu. Sering terjadi kesalah pahaman produk mana yang mana, size apa, dan lain-lainnya.

Hal ini cukup sering terjadi dan masalah itu bisa diselesaikan dengan mengimplementasikan SKU di dalam tokomu. SKU atau Stock Keeping Unit ini adalah kode unik yang diimplementasikan ke semua produkmu termasuk semua variannya. Jadi misalnya apabila kamu menjual baju, maka kamu harus menulis SKU yang berbeda untuk masing-masing size dan warna. Untuk cara menulis SKU, kamu bisa mengecek artikel saya sebelumnya di bagian SKU.

Kenapa SKU ini penting? SKU ini bisa dibilang sebagai salah satu aspek yang bisa membedakan toko yang berjalan dengan efisien dengan toko yang tidak efisien. Ini bisa mempermudah komunikasi antara staff kamu dan juga ke dalam sistem nantinya. Sebaiknya kamu juga jangan menunggu sampai produk tokonya banyak baru kamu pikirkan untuk mengisi SKU karena pekerjaan untuk mengisi SKU satu per satu itu sangatlah repetitif dan membosankan.

Gunakan Sistem Inventory yang Kuat

Setelah melakukan pengisian SKU, hal yang paling masuk akal yang kamu bisa lakukan selanjutnya adalah membuat sistem inventory yang kuat. Sistem ini bukanlah bergantung di aplikasi yang kamu pakai saja tetapi juga dari cara kerja tokomu secara keseluruhan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Gunakan Gudang Penyimpanan

Tidak perlu memiliki satu bangunan khusus untuk gudang. Satu ruangan khusus yang kamu siapkan untuk dijadikan gudang sudah cukup. Kalau kamu belum memiliki 1 ruangan khusus, 1 rak saja cukup. Tujuannya agar kamu bisa mengorganisir produk jualanmu di satu tempat dan diatur sesuai dengan SKU yang sudah diinput.

  • Pisahkan Stok baru dan lama

Ini sangat penting untuk dilakukan terutama ketika kamu berjualan produk yang memiliki masa berlaku. Jadi kamu bisa memprioritaskan barang yang keluar adalah barang yang lama lebih cepat dan efisien. Ini juga bisa membantu menghitung jumlah stok lama yang kamu miliki baik yang sudah terjual maupun yang belum.

  • Lakukan Pengecekan Sebelum Penyimpanan

Sebelum kamu memasukkan barang ke dalam gudang atau rak, kamu juga sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan informasi tentang barang mana yang memiliki kecacatan, salah produksi, atau kesalahan lain. Untuk barang yang cacat, kamu bisa mengumpulkannya dan menyimpannya ke dalam satu tempat khusus yang sudah ditandai.

Sistem Inventory yang kuat akan membuat kamu bisa mengontrol stok dengan jauh lebih baik dan lebih efisien. Coba terapkan hal diatas ini dan saya rasa kamu bisa terbantu di dalam jualan.

Lakukan Stok Opname Secara Berkala

Stok Opname merupakan satu hal yang tidak bisa dihindari lagi untuk semua retailer dan tidak terkecuali penjual online. Gudang bukanlah tempat yang teraman jadi akan banyak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang yang rusak, hilang, atau berpindah tanpa informasi. Ini bisa membuat data jumlah stok yang ada di sistem inventory berbeda dengan yang ada di gudang.

Source: https://www.tokopedia.com/quaker

Maka dari itu, stok opname menjadi hal yang wajib untuk dilakukan secara berkala. Dengan melakukan stok opname dengan teratur, kamu bisa memperbarui catatan stok yang kamu miliki dan bisa mendapatkan informasi tentang kondisi fisik dan jumlah stok jualanmu.

Implementasikan Aplikasi Pengelolaan Stok

Pengelolaan dan pengontrolan stok adalah hal yang sulit namun itu adalah hal terpenting yang harus kamu kuasai untuk bisa memajukan bisnismu. Saya sudah melihat beberapa cara yang dilakukan beberapa seller untuk mengerjakan ini. Salah satunya adalah penulisan manual. Ini merupakan cara yang efektif namun kurang efisien karena memakan waktu yang cukup banyak. Disaat bisnismu meningkat, maka waktu dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan hal ini akan semakin besar.

Salah satu cara untuk bisa mengurangi waktu dan tenaga kamu adalah menggunakan aplikasi pengelolaan stok. Ini bisa membantu mempercepat pengontrolan stok-mu dan juga bisa menghemat biaya, tenaga dan meningkatkan efisiensi bisnismu. Dengan melakukan sistemisasi, kamu bisa fokus ke hal yang bisa menumbuhkan bisnismu.

Sekali lagi perlu diingat bahwa pengontrolan stok bukanlah hal yang sama dengan membuat stok menjadi 100% akurat karena itu adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan dimana faktor utama keakuratan stok ada di SDM dan proses pengerjaan harianmu. Namun dengan penggunaan sistem, hidup kamu sebagai seller akan jauh lebih mudah.

Unsircle bisa membantumu dari sisi ini. Kamu hanya perlu mengintegrasikan toko online milikmu dan kamu bisa mengintegrasikan stok dan hargamu. Perlu informasi yang lebih detail? Kamu bisa mendapatkannya disini. Perlu berbicara langsung dengan kami? Kamu bisa klik chat di kanan bawah monitormu dan jelaskan masalahmu.

Apabila kamu merasa tulisan ini berguna untuk-mu, kamu bisa mendaftarkan email-mu ke mailing list kami jadi kamu bisa mendapatkan update terbaru setiap adanya artikel baru kami. Kamu tidak perlu takut juga dengan spam karena kami juga tidak menyukai-nya. Kami hanya akan memberikan update setiap artikel baru kami dirilis.