Di tulisan saya sebelumnya, saya sempat membahas sedikit soal cara mengontrol stok jualan online dan salah satu point utamanya adalah SKU. Di pengalaman saya berbicara dengan banyak seller online yang sedang berkembang, masih banyak dari mereka yang belum mengimplementasikan kode ini.

Apabila kamu sempat cari-cari sedikit tentang artikel mengenai SKU, kamu pasti udah sering membaca arti SKU memiliki kepanjangan Stock Keeping Unit. Kamu juga pasti tau kalau SKU itu adalah kode unik untuk mengidentifikasikan produk jualan. Disini saya akan mencoba untuk menjelaskan semuanya dengan lebih detail lagi.

Kenapa harus pakai SKU?

Kegunaan SKU ini bukan hanya mengidentifikasikan produk. Kode unik ini bisa untuk melakukan tracking harga, product options, manufacturer atau supplier produknya. Selain itu, SKU juga bisa dilakukan untuk tracking inventory dan mempermudah tracking data yang bertujuan agar bisa tetap untung dalam berjualan.

Maka dari itu beberapa marketplace B2C seperti Lazada, Blibli, dan Zalora mewajibkan seller online untuk mengisi SKU. Saya sarankan juga pengguna marketplace C2C seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain juga mengisi SKU dengan baik karena dampaknya akan dirasakan selama kamu berjualan.

Supplier dan manufacturer biasanya memiliki kode mereka sendiri. Kamu bisa memilih untuk menggunakan SKU mereka atau menulisnya sendiri. Jadi sifat dari kode ini bukanlah global namun unik di satu toko atau grup.

Pentingnya SKU

Bisa dibilang hampir semua retailer besar di dunia menggunakan SKU dan sangat terbantu dengan adanya kode unik ini. Jadi apa saja yang bisa kamu lakukan dengan Stock Keeping Unit ini?

  • Mampu mengidentifikasi produk jualan spesifik beserta variannya
  • Tracking gudang untuk bisa mendapatkan informasi jumlah stok produk
  • Membantu rekonsiliasi tingkat stok produk
  • Mengidentifikasi perbedaan stok gudang dan catatan
  • Dengan analisa data, bisa melihat produk yang paling laku
  • Mempermudah mengidentifikasi titik reorder produk
  • Menghemat waktu pembeli-mu untuk mencari produk toko dengan lebih cepat

Best Practice

Secara dasarnya, SKU ini terdiri dari huruf dan angka. Huruf dan angka tersebut berguna untuk memberikan detail tentang produk seperti brand, warna, size, kode produk, dan lain-lain.

Setiap toko yang saya tanyakan biasanya memiliki cara mereka sendiri dalam penulisan kode-nya. Sebenarnya tidak ada cara yang salah disaat kamu menulis SKU. Namun sebaiknya ada best practice ketika kamu mengisi-nya.

  • SKU harus unik di setiap produk dan varian-nya. Jadi baju Uniqlo merah size M harus memiliki kode SKU yang berbeda dengan baju merah size XXL
  • Usahakan untuk menggunakan kode sependek mungkin. Beberapa marketplace tidak menerima kode yang terlalu panjang dan memiliki spasi
  • Jadi jangan gunakan spasi atau karakter spesial. Itu bisa membingungkan banyak orang.
  • Sebisa mungkin hindari huruf yang sulit dibedakan dengan angka. Contohnya O dan I yang bisa di salah artikan menjadi 0 atau 1. Tergantung dari font atau cara baca orang.

Contoh Penulisan SKU

Saya pernah menulis contoh penulisan SKU secara dasar di guide pertama kami. Kita bisa menggunakan contoh yang saya berikan diatas. Anggap saja kita mau mengisi SKU untuk baju merah size M yang mau dijual di Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

Salah satu cara penulisan SKU yang baik adalah MRH-M-D369-UQL. Dimana:

  • “-“ atau disebut dash ini untuk memisahkan informasi spesifik tentang produk
  • MRH ini adalah warna produk (merah)
  • M ini adalah size produknya
  • D369 adalah nomor model yang biasanya diberikan oleh manufaktur atau supplier
  • UQL adalah brand produk yang kamu jual

Jadi apabila sizenya beda, kamu bisa mengganti M menjadi XXL atau size lainnya. Informasi yang diberikan tetap gampang dimengerti, unik, dan cukup pendek namun bisa memberikan semua informasi yang vital tentang produk yang kamu jual.

Diluar dari cara ini, ikut.org juga memberikan cara lain yang lebih jarang digunakan. Caranya adalah dengan menggunakan format angka seperti 05001020034018. Anggap saja kita tetap ingin menjual baju merah Uniqlo size M yang sama seperti contoh diatas jadi:

  • 05 menandakan jenis produk. Apabila kamu memiliki lebih dari 999 jenis produk utama, maka bisa dilebihkan menjadi 4 digit. Jadi ini menandakan produknya adalah baju
  • 001 menandakan warna bajunya. Bisa saja kamu menjual baju yang sama dengan warna berbeda2 seperti putih, hitam, ungu, abu-abu, dan lain-lain. Jadi nomor ini menandakan kamu menjual baju bewarna merah
  • 02 merupakan size dari bajunya. Mungkin bisa S, M, L, XL, XXL, XXXL? Jadi ini menandakan sizenya adalah M
  • 0034 merupakan kode untuk nomor model yang diberikan oleh supplier atau manufakturnya. Berarti nomor ini bisa menandakan kalau ini adalah baju dengan nomor model D369
  • 018 bisa menjadi brand yang kamu jual. Bisa saja kamu menjual produk Uniqlo, Zara, H&M dll. Jadi nomor ini menandakan kalau kamu menjual produk dari Uniqlo

Pengetahuan Lainnya

Diluar dari pengaturan gudang, nomor ini juga bisa mempermudah kamu melakukan tracking stok barang secara global. Banyak sistem pengaturan inventory seperti kami menggunakan SKU sebagai basis utama untuk integrasi produk antar marketplace.

Berbeda dengan UPC (Universal Product Code), SKU tidak memiliki standar internasional karena secara dasarnya penggunaan SKU adalah untuk kebutuhan internal kamu. UPC sendiri memiliki 12 digit angka menurut GS1 (Global Language of Business), organisasi internasional yang mengatur standarisasi pengkodean inventaris bisnis termasuk UPC.

Kesimpulan

Jadi kamu sekarang sudah lebih mengerti pentingnya SKU di dalam kehidupan jualan online. Kamu juga sudah lebih mengerti bagaimana caranya menulisnya yang sesuai dengan kebutuhan toko-mu. Yang paling penting, nomor unik ini harus diisi dan cara pengisiannya semuanya tergantung dari situasi dan kondisi toko-mu.

Apabila kamu memiliki masukan yang lainnya, langsung saja berikan di kolom komentar di artikel ini. Akhir kata, apabila kamu merasa artikel ini berguna untukmu, kamu bisa mendaftarkan email-mu ke mailing list kami. Kamu tidak perlu takut juga dengan spam karena kami juga tidak menyukai-nya. Kami hanya akan memberikan update setiap artikel baru kami dirilis.

0 0 vote
Article Rating