Apa itu Resi?

Resi, AWB, nomor ongkir. Mungkin kata-kata itu bukanlah menjadi kata asing untuk kamu yang sudah berkecimpung di dunia jual beli online. Untuk kamu yang masih sangat awam dan baru, mungkin kamu bingung apa itu maksud dan perbedaan dari resi, AWB, dan lain-lain. Atau mungkin kamu sudah tau apa itu resi tapi penasaran mau tau lebih dalam dari kata yang dicari sebanyak ribuan kali dalam satu bulannya. Sebelumnya, coba bayangkan kasus seperti ini.

Coba bayangkan ada penjual online yang bernama Budi dan pembeli yang bernama Santi. Santi ini membeli masker di toko Budi lewat Tokopedia karena Santi mulai sering mendengar berita tentang virus yang lagi marak sekarang ini. Namun setelah Santi menunggu beberapa hari, barangnya tidak sampai-sampai.

Santi bingung tidak tahu sekarang masker yang dia sudah beli sudah sampai dimana atau sudah dikirim atau belum jadi dia tanyakan ke Budi. Budi juga jadi bingung karena dia tidak bisa tracking barangnya sudah sampai di mana. Nah karena tidak ada kejelasan, Santi jadi protes karena maskernya ga sampai-sampai. Budi juga stress karena Santi protes di hal diluar kontrolnya. Jadinya reputasi toko Budi turun karena pengalaman belanja Santi yang tidak bagus. Padahal Budi sudah mengikuti tips yang sudah saya berikan sebelumnya agar tokonya sukses.

Disinilah resi berperan penting untuk bisa menjawab masalah ini. Nomor resi ini adalah kode yang sudah di generate oleh jasa logistik atau ekspedisi sebagai bukti bahwa barang tersebut sedang dalam proses pengiriman logistik. Pada umumnya, nomor resi tertera di dalam satu kertas yang berisi nomor seri tertentu. Informasi yang tertera di dalam nomor resi ini biasanya berisi nama dan alamat tujuan, nama dan alamat pengiriman, tanggal pengiriman, isi paket, nilai barang, jenis langganan, ongkos kirim, dan lain-lain.

Dengan informasi yang sudah tertera di kertas ini, bisa dibilang resi memiliki peran untuk memberikan identitas paket dan memberikan bukti bahwa paket pesanan Santi atau semua pembeli telah dikirim oleh Budi atau penjual online lainnya.

Apa itu AWB?

Lalu apa itu AWB? AWB ini memiliki kepanjangan AirWay Bill dan secara harafiah merupakan dokumen angkutan transportasi udara yang berisikan informasi yang sama seperti resi dan berfungsi sebagai tanda bukti dalam mengambil paket.

Jadinya, nomor resi dan nomor AWB ini merupakan dua hal yang bisa dibilang sama. Begitu juga dengan nomor ongkir. Walaupun namanya berbeda, konteks yang relevan untuk dunia penjualan online memiliki arti yang sama. Beda halnya dengan dunia lainnya yang mungkin bisa saya jelaskan di artikel lain nantinya. Apabila kamu penasaran, boleh taruh komentarmu di kolom dibawah ya.

Nomor resi, AWB, nomor ongkir ini sangat berguna untuk kedua belah pihak. Pihak pembeli bisa mengetahui barang yang mereka beli mereka sudah sampai dimana dan pihak penjual bisa mengetahui status produk yang mereka jual. Nomor random yang di generate oleh logistik ini bisa menjadi alat komunikasi antara penjual dan pembeli sehingga bisa meningkatkan kepercayaan antara kedua belah pihak.

Jadi, bagaimana caranya agar Santi bisa mengecek masker yang sudah dia beli sudah sampai dimana dengan nomor resi-nya? Bagaimana Budi bisa memastikan kalau barang yang dia jual bisa memastikan Santi kalau nomor resi yang dia berikan ke Santi adalah nomor asli? Solusi untuk ini sebetulnya sangat mudah dan kamu memiliki banyak pilihan untuk melakukan cek resi. Berikut adalah beberapa situs yang bisa kamu kunjungi.

Cara Melakukan Cek Resi Sesuai Ekspedisi Yang Ada

JNE

JNE masih menjadi perusahaan logistik nomor satu di Indonesia. Saya yakin ketika kamu melakukan transaksi online kamu pasti akan memakai ekspedisi JNE. Apabila kamu menggunakan JNE, kamu bisa mengecek status barangmu di link berikut ini. Di situs ini kamu bisa mengecek 20 resi sekaligus jadi penjual online juga bisa terbantu untuk melakukan tracking.

J&T Express

Umur ekspedisi ini memang masih tergolong muda. Perusahaan yang baru dibangun di tahun 2015 ini dengan cepat sudah menjadi raksasa baru di Indonesia. Jadi apabila kamu menggunakan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau marketplace lainnya, kamu pasti bakal sering melihat perusahaan logistik satu ini. Untuk mengecek status pengiriman barang-mu yang menggunakan J&T Express, kamu bisa menggunakan link ini. Penjual online bisa mengecek 10 resi sekaligus disini.

SiCepat

Sicepat juga bisa dibilang sebagai pendatang yang tergolong baru di dunia logistik. Berdiri sejak 2014, Sicepat termasuk ekspedisi dengan sistem yang cukup fantastis dengan “15 jam sampai tanpa ada tambahan apapun” dan komunikasi yang lebih baik dengan adanya sms nomor resi ke HP-mu langsung. Untuk mengecek status pengiriman barang-mu, kamu bisa mengecek link berikut. Dari pengamatan saya, kamu bisa melakukan tracking dengan jumlah yang tak terhingga namun kamu harus melakukan input nomor resi satu per-satu.

AnterAja

Pemain terbaru disaat artikel ini ditulis adalah ekspedisi AnterAja. Logistik ini baru mulai beroperasi di bulan Maret 2019 dan baru beroperasi di Tokopedia. Jadi apabila kamu penjual atau pembeli setia Tokopedia, kamu pasti bakal sering mendapatkan promosi disaat memilih ekspedisi ini. Dengan menggunakan link berikut ini, kamu bisa mengecek 10 nomor resi sekaligus.

Pos Indonesia

Salah satu perusahaan yang bisa tergolong sebagai yang tertua di Indonesia. Berdiri sejak 26 Agustus 1746, Pos Indonesia merupakan BUMN yang memiliki visi untuk menjadi pilihan utama logistik dan jasa keuangan. Untuk mengecek situasi barang yang dikirim dengan pos Indonesia, bisa dilakukan via link ini.

Wahana

Satu lagi pemain lama di dunia logistik, ekspedisi Wahana sudah berjalan lebih dari 20 tahun, lebih tepatnya mulai dari tahun 1998. Ekspedisi yang terkenal dengan harganya yang kompetitif ini pastinya sering kamu lihat disaat kamu belanja online di Tokopedia atau marketplace lainnya. Wahana sendiri baru saja memiliki tampilan baru dan logo baru. Kamu juga bisa mengecek status kiriman-mu di link ini.

Tiki

Sebuah perusahaan jasa pengiriman yang sudah tua juga, TIKI sudah berjalan selama 50 tahun. Saya cukup yakin kamu pasti pernah mendengar perusahaan yang satu ini. Walaupun saya jarang menggunakan servis logistik yang satu ini disaat belanja online, tapi pasti banyak pengguna lainnya yang sudah menjadi langganan ekspedisi ini. Untuk mengecek status kiriman-mu, kamu bisa melakukannya di link ini. Kamu juga bisa mengecek lebih dari satu resi di website tersebut.

Akhir kata, semoga kamu sudah mengerti lebih tentang apa itu resi dan istilah logistik umum lainnya. Dan semoga link diatas ini bisa membantu kamu untuk bisa melakukan cek resi barang kiriman-mu secara berkala. Apabila kamu mendapatkan hal yang berguna dari tulisan ini, bisa coba untuk bergabung dengan mailing list kami.

Apabila kamu merupakan seorang seller online yang menginginkan stok dan harga semua toko-mu bisa dikontrol di dalam satu tempat, kami bisa menggunakan Unsircle dan bergabung kedalam Early Bird program kami. Perlu detail lebih? Langsung saja chat dengan kami ya. Bisa di klik di kanan bawah dan kami siap untuk menjawab pertanyaan-mu.

Apabila kamu merasa tulisan ini berguna untuk-mu, kamu bisa mendaftarkan email-mu ke mailing list kami jadi kamu bisa mendapatkan update terbaru setiap adanya artikel baru kami. Kamu tidak perlu takut juga dengan spam karena kami juga tidak menyukai-nya. Kami hanya akan memberikan update setiap artikel baru kami dirilis.

0 0 vote
Article Rating